Oleh: kopi Air Hujan | 5 April 2010

Negara Sekuat Iran dan Rusia Belajar Pada Indonesia

Indonesia dinilai sukses dalam penyelenggaraan haji. Karena itu Pemerintah Rusia akan belajar ke Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji. Tim misi haji Rusia dijadwalkan tiba di Indonesia pada awal Mei. Tak hanya Rusia, pemerintah juga akan membagi ilmu serupa pada Iran dan Nigeria.

Alasannya, sejumlah negara menganggap pengelolaan jamaah haji Indonesia dalam beberapa tahun terakhir cukup baik. “Kami akan mengadakan pelatihan manajemen. Awal Mei untuk misi haji Rusia. Iran sudah minta ke kita dan Nigeria masih antre minta,” ungkap Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Slamet Riyanto dalam diskusi kebijakan strategis untuk persiapan haji 2010 di Bandung.

Menurut Slamet, sejumlah negara itu melihat Pemerintah Indonesia setiap tahunnya mengurus jumlah jamaah haji terbanyak di dunia yang mencapai ratusan ribu orang. Namun, pengelolaan dinilai tidak menimbulkan banyak masalah dan cenderung berhasil.

“Meski kita di sini melihat masih ada kekurangan, ternyata negara lain melihat pengelolaan jamaah haji cukup berhasil. Karena itu, mereka minta pelatihan,” ujarnya.

Dia menyebutkan, salah satu penilaian yang dianggap berhasil adalah penerapan sistem kloter. Sistem ini dinilai efektif dalam mengelola berbagai urusan langsung jamaah haji. “Mereka melihat ada keteraturan yang konsisten karena kita membuat sistem kloter. Ini yang membuat jamaah haji kita solid,” terangnya.

Pada musim haji tahun ini, pemerintah mendapatkan kuota sebanyak 211 ribu jiwa. Dari angka itu, sebanyak 17 ribu di antaranya mengikuti program ONH plus. Jumlah itu mengalami kenaikan 1.000 jiwa atau 6 persen dibanding tahun lalu yang hanya 16 ribu jiwa.


Responses

  1. klo masalah proyek uang indonesia no 1…? tp klo tuk kemajuan bngsa indonesia no brapa ya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: